Minggu, 10 Februari 2013

Prinsip kerja Adaptor



Prinsip kerja Adaptor

Prinsip kerja adaptor adalah merupah tegangan AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current). Komponen adaptor adalah transformator, diode dan kondensator.
Transformator
Transformator atau sering disebut trafo adalah alat untuk mentransfer tegangan AC dari gulungan kawat ke gulungan kawat lainya.
Kawat yang dipakai biasanya menggunakan kawat email, sedangkan untuk inti besi biasanya menggunakan lapisan – lapisan pelat besi. Selain itu trasformator juga berfungsi untuk menaikan tegangan listrik. Trafo jenis ini disebut trafo step up. Dan yang menurunkan tegangan listrik disebut Trafo step down.
Komponen yang dihubungkan dengan tegangan input disebut komponen primer, sedangkan komponen yang dihubugnkan dengan tegangan output disebut komponen sekunder. Adapun tegangan untuk satu daya cenderung kecil, yaitu sekitar 3; 4,5; 6; 7,5; 9; 12 maka trafo ini disebut trafo step down.
Diode
Diode berfungsi sebagai penyearah yang dapat mengubah tegangan AC menjadi DC. Rangkaian penyearah dapat digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.
Kondensator
Kondensator berfungsi sebagai filter. Kondensator biasanya menggunakan kondensator ELKO (Elektrolit Kondensator). Arus bolak-balik yang melewati penyearah masih harus diratakan menggunakan kondensator. Pada pembuatan adaptor biasanya menggunakan ELKO. 

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

Links related

Dunia Komputer's © 2008 Template by:
SkinCorner